Penyebab dan Cara Mengatasi Permasalahan Rambut Menggunakan Shampoo

Memiliki rambut yang mudah rontok memang tidak menyenangkan. Rambut rontok bisa membuat penampilan menjadi kurang percaya diri. Rambut yang rontok memang masih bisa dikatakan wajar apabila jumlahnya hanya berkisar 50 sampai 100 helai setiap harinya. Namun, apabila rambut yang rontok melebihi jumlah tersebut, ada yang salah dengan diri Anda. Kerontokan rambut memang tidak bisa dianggap sebagai salah satu hal yang enteng. Karena ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Penyebab rambut mudah rontok bisa disebabkan oleh beberapa hal yang masih bisa dikatakan wajar ataupun normal. Namun, tak jarang pula penyebab rambut mudah rontok bisa disebabkan oleh suatu penyakit serius. Sehinngga rambut yang rontok secara berlebihan setiap harinya tidak boleh dianggap sebagai suatu hal yang sepele. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai rambut rontok.

Penyebab Rambut Rontok

Ada banyak sekali hal-hal yang menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok. Rambut yang rontok dalam batas wajar memang masih bisa ditangani menggunakan shampoo untuk rambut rontok. Namun, tidak semua penyebab rambut rontok merupakan hal yang sepele. Ada beberapa penyebab rambut menjadi lebih mudah patah maupun rontok dikarenakan oleh suatu hal yang sangat serius. Beberapa hal berikut ini adalah hal-hal yang bisa menjadi salah satu penyebab rambut menjadi lebih mudah rontok.

www.pexels.com
  • Stress yang Berlebihan

Penyebab pertama yang bisa membuat rambut menjadi lebih mudah patah yaitu akibat stress yang berlebihan. Stress yang berlebihan akibat trauma fisik seperti yang diakibatkan oleh kecelakaan, penurunan berat badan dan adanya penyakit yang serius juga bisa menjadi salah satu penyebab dari kerontokan rambut. Hal ini merupakan salah satu hal yang wajar. Karena tak jarang orang yang merasa memiliki banyak sekali beban pikiran sehingga harus mengalami perubahan emosi bisa menjadi salah satu penyebab stress sehingga rambut menjadi mudah rontok. Kerontokan rambut akibat perubahan emosi biasanya disebut dengan telogen effluvium. Kondisi ini memang tidak bersifat permanen atau masih dalam tahap wajar. Beberapa perempuan yang mengalami hal iniĀ  biasanya akan mengalami kerontokan rambut secara terus menerus hingga enam minggu bahkan mencapai tiga bulan.

Stress bisa menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut karena saat stress atau saat tubuh mengalami perubahan emosi, hal ini bisa mempercepat siklus dari rambut. Perlu diketahui bahwa rambut manusia memiliki tiga tahapan atau tiga siklus. Mulai dari masa pertumbuhan, istirahat hingga masa rontok. Orang yang sering mengalami stress yang dikarenakan oleh hal-hal sepele maupun stress fisik bisa mempercepat tahapan rambut itu sendiri sehingga rambut menjadi lebih mudah rontok.

  • Faktor Genetik

Penyebab rambut rontok selanjutnya yaitu dikarenakan oleh keturunan atau faktor genetic. Apabila di dalam keluarga terdapat anggota keluarga yang mengalami kerontokan rambut biasanya hal ini bisa terjadi pada anggota keluarga yang lainnya pula. Hal ini memang sudah menjadi salah satu hal yang umum ditemukan atau masih dalam tahap wajar. Pasalnya, salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki riwayat yang sama yaitu rambut yang mudah sekali rontok. Rontok akibat keturunan atau faktor genetic juga bisa terlihat di usia yang cukup muda yaitu pada rentang usia 20 tahunan hingga usia 50-60 tahunan. Kondisi rontok akibat faktor genetic biasanya disebut sebagai androgenetic alopecia. Orang yang mengalami kerontokan rambut akibat faktor genetic tidak menutup kemungkinan Ia akan mengalami kebotakan. Hal ini disebabkan karena rambut yang sudah patah akan digantikan dengan rambut yang baru. Tekstur rambut yang baru juga rapuh karena teksturnya cukup halus serta tipis. Hal ini bisa terjadi akibat folikel pada rambut perlahan-lahan mengecil. Folikel yang terus mengecil bisa membuat rambut terhenti pertumbuhannya sehingga seseorang akan mengalami kebotakan. Untuk mengatasi kerontokan rambut akibat faktor genetic, Anda bisa menggunakan shampoo yang bisa membantu mengatasi kerontokan rambut hingga berkonsultasi dengan dokter spesialis.

www.pexels.com
  • Mengkonsumsi Vitamin A Secara Berlebihan

Vitamin memang sangat baik dan sangat dibutuhkan untuk tubuh. Namun, mengkonsumsi vitamin dalam jumlah yang berlebihan setiap harinya juga bisa memberikan efek yang cukup buruk pada tubuh. Misalnya saja pada saat Anda mengkonsumsi vitamin A atau mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A secara berlebihan setiap harinya, Anda akan mengalami kerontokan rambut yang cukup serius. Cara mengatasi rambut rontok yang diakibatkan oleh konsumsi vitamin secara berlebihan yaitu dengan mengurangi jumlah atau dosis vitamin A harian Anda. Biasanya, pada beberapa vitamin A terdapat kandungan atau dosis yang disarankan. Porsi vitamin setiap tubuh seseorang juga berbeda-beda. Sehingga Anda harus pintar-pintar memilih dosis vitamin A. Pilihlah dosis vitamin A dengan kandungan dibawah 1500 IU. Kandungan vitamin A diatas 1500 IU merupakan kandungan diatas dosis yang disarankan. Saran penggunaan dosis vitamin A yaitu sebanyak 20% dari kebutuhan vitamin setiap orang. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang sesuai dan dosis yang tepat, Anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter.

  • Kekurangan Protein

Tubuh memiliki cara khusus untuk merespon apabila tubuh Anda mengalami kekurangan maupun kelebihan vitamin dan mineral. Salah satu respon tubuh saat tubuh mengalami kekurangan protein yaitu dengan adanya kerontokan pada rambut yang cukup banyak. Protein adalah salah satu asupan vitamin dan mineral yang cukup kompleks dan sangat penting untuk tubuh. Tubuh yang mengalami kekurangan protein akan membuat struktur pada rambut menjadi lebih lemah. Bahkan kekurangan asupan protein bisa memperlambat siklus pertumbuhan rambut. Alhasil, rambut pada kepala mengalami penipisan dan mudah rontok. Kekurangan protein bisa saja terjadi pada orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Program diet ketat yang mengharuskan seseorang menjadi vegetarian biasanya memiliki asupan protein yang cukup rendah. Supaya kebutuhan protein pada tubuh setiap harinya tidak mengalami kekurangan yaitu dengan banyak mengkonsumsi aneka macam kacang-kacangan dan biji-bijian serta mengkonsumsi makanan yang mengandung protein seperti tempe dan tahu.

  • Kekurangan Vitamin B

Saat tubuh mengalami kekurangan vitamin B juga bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Defisiensi vitamin B bisa terjadi akibat pola makan yang kurang baik. Pola makan yang kurang baik berarti bahwa seseorang kurang memperhatikan asupan nutrisi pada makanannya. Supaya tubuh tetap mendapatkan asupan vitamin B dan vitamin yang lainnya dengan cukup, Anda bisa mengkonsumsi makanan seperti daging, kentang, jagung, kacang-kacangan, umbi-umbian hingga buah-buahan seperti alpukat bisa menjadi salah satu sumber asupan vitamin B yang cukup baik.

  • Anemia

Salah satu penyebab kerontokan rambut pada seseorang bisa disebabkan oleh Anemia atau kekurangan zat besi. Anemia bisa terjadi pada siapa saja dan pada orang yang berusia 20 hingga 49 tahun. Salah satu contoh orang yang sering mengalami defisiensi zat besi yaitu pada kaum hawa. Hal ini banyak dirasakan oleh kaum hawa karena adanya siklus menstruasi setiap bulannya. Pendarahan yang cukup hebat akibat menstruasi dengan tidak dibarengi mengkonsumsi makanan yang tidak menambah zat besi atau menambah darah bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Hal ini bisa terjadi karena zat besi merupakan salah satu vitamin dan mineral pada tubuh yang mendistribusikan oksigen pada tubuh termasuk ke folike-folikel rambut. Rambut yang tidak mendapatkan cukup oksigen akan membuat rambut menjadi lebih mudah rapuh dan rontok.

  • Trichotillomania

Trichotillomania merupakan salah satu penyakit atau gangguan yang terjadi pada seseorang dimana Ia akan memiliki kebiasaan untuk mencabuti rambut tanpa sadar. Hal ini bisa terjadi secara terus menerus sehingga bisa menyebabkan rambut menjadi lebih mudah rontok dan mengalami kebotakan pada area yang sering dicabuti tersebut. Gangguan ini bisa terjadi baik pada kaum Hawa maupun kaum Adam. Orang yang mengalami hal ini biasanya mengalami stress yang cukup tinggi sehingga bisa membuat orang tersebut secara tidak sadar mencabuti rambut kepala maupun rambut pada alis. Salah satu cara untuk menggatasi rambut rontok akibat Trichotillomania yaitu dengan mengkonsumsi obat antidepresan.

www.pexels.com

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Setelah mengetahui beberapa penyebab rambut rontok, Anda juga perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi rambut rontok. Ada banyak sekali cara untuk mengatasi permasalahan rambut yang rontok. Beberapacara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi kerontokan pada rambut Anda.

  • Menggunakan Shampoo untuk Rambut Rontok

Cara pertama yang cukup efektif untuk mengurangi permasalahan rambut rontok yaitu dengan menggunaka shampoo khusus untuk rambut yang rontok. Salah satu shampoo yang cukup efektif yaitu menggunakan Caboki. Shampoo ini bisa membantu Anda menumbuhkan rambut secara maksimal dan dengan cepat. Selain bisa menumbuhkan rambut secara cepat, shampoo Caboki juga bisa mengurangi adanya kebotakan pada seseorang. Sehingga shampoo ini bisa menjadi salah satu shampoo yang cukup efektif untuk mengurangi penyebab-penyebab kerontokan rambut.

  • Konsumsi Vitamin dan Mineral Dalam Jumlah yang Tepat

Kerontokan rambut bisa disebabkan karena adanya konsumsi vitamin yang kurang tepat baik berlebihan maupun kekurangan. Salah satu cara untuk mengatasi kerontokan rambut diakibatkan oleh konsumsi vitamin yang kurang tepat, Anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan dan asupan protein, vitamin dan mineral lainnya dalam jumlah serta takaran yang tepat. Terutama pada asupan vitamin A yang tidak berlebihan dan memilih dosis dibawah 1500 IU serta asupan vitamin B serta protein yang cukup.

www.pexels.com
  • Mengeringkan Rambut Menggunakan Handuk

Kerontokan pada rambut selain disebabkan oleh beberapa hal diatas juga bisa disebabkan oleh kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan alat pengering rambut atau hair dryer. Penggunaan alat ini memang bisa membantu Anda mengeringkan rambut dengan mudah dan cepat. Namun, alat ini juga bisa membuat rambut Anda menjadi lebih mudah rontok dan rusak. Sehingga salah satu cara untuk mengurangi kerontokan pada rambut yaitu dengan meminimalisir penggunaan hair dryer. Anda bisa mengeringkan rambut menggunakan handuk. Gosoklah rambut menggunakan handuk secara perlahan untuk mengeringkan rambut secara efektif. Menggosok secara kasar atau terlalu keras bisa membuat rambut menjadi lebih mudah rontok. Sehingga pastikan Anda menggosok rambut secara perlahan dan hati-hati supaya rambut mudah kering dan tidak mudah rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *