Keunggulan Kopi Arabika Gayo, Kopi Organik Berkualitas

Di Indonesia ada banyak sekali pencinta kopi salah satunya adalah kopi arabika. Kopi jenis ini merupakan kopi produk ekspor yang memiliki kualitas unggul di Indonesia. Apabila dilihat secara khusus maka komoditi perkebunan kopi ini merupakan komoditi utama yang ada di kawasan dataran tinggi gayo yakni lebih tepatnya Kabupaten Aceh Tengah. Selain itu perkebunan ini juga sangat digalakkan di wilayah Bener Meriah. Perlu diketahui bahwa perkebunan kopi yang ada di kedua daerah ini luasnya bisa mencapai 100000 hektar. Untuk produksi kopi di perkebunan ini bisa mencapai 200000 ton bahkan lebih.

Pada dasarnya komoditas perkebunan kopi ini lalu berubah menjadi penopang utama dari perekonomian yang ada di daerah Aceh dengan topografi daerah pegunungan. Salah satu hal yang sangat menarik adalah bahwa produk domestik regional bruto di daerah ini didominasi oleh hasil penjualan kopi arabika yang diproduksi oleh petani di daerah ini. Bahkan untuk pemasaran dan penjualan hasil kopi di perkebunan Aceh sudah sampai ke berbagai daerah bahkan ke daerah mancanegara baik Asia, Eropa, maupun Amerika. Dan kemudian banyak orang yang menyebut kopi ini dengan kopi Gayo karena sesuai dengan identitas geografis di Gayo. Hebatnya lagi sekarang kopi Gayo sudah mampu menjadi pesaing dari kopi arabika yang diproduksi di negara-negara cara Amerika Latin khususnya di Brazil, negara-negara di benua Afrika, dan beberapa negara di Asia seperti halnya Thailand dan Vietnam. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa kopi Gayo sudah mampu bersaing di pasar kopi dunia sehingga bisa menjadi tonggak ekonomi yang kuat.

www.pexels.com

Kopi Gayo, Kopi Organik Berkualitas

Salah satu keunggulan dari kopi Gayo adalah karena merupakan kopi organik yang memiliki rasa khas yang sedap. Ini terdapat pasar kopi yang baru yakni specialty coffee yang merupakan peluang besar untuk bisa mendapatkan keuntungan dan harus diraih. Pada specialty coffee sudah terdapat kopi organik yakni kopi Gayo di dalamnya. Sebenarnya kopi organik ini adalah kopi yang dihasilkan dengan menggunakan paham pertanian yang terus-menerus atau berkelanjutan. Dengan demikian maka hal-hal yang berkaitan dengan aspek pelestarian pada sumber daya alam, keamanan dari hasil panen untuk kesehatan manusia, aspek keamanan lingkungan karena terhindar dari senyawa senyawa yang mampu mencemarkan, dan nilai gizi dari kopi tersebut sangatlah diperhatikan. Selain itu pada budidaya kopi organik seperti halnya kopi Gayo maka akan memberikan keuntungan pada aspek sosial ekonomi sehingga hal ini juga mendapatkan perhatian yang khusus.

Jadi tidak seperti halnya anggapan kebanyakan orang terkait kopi organik yang merupakan budidaya kopi tanpa menggunakan pestisida, pupuk buatan serta tanpa adanya pemeliharaan sama sekali. Justru ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan terkait budidaya kopi organik. Perlu diketahui bahwa kopi organik hanya bisa diproduksi di lahan yang memiliki tingkat kesuburan yang tinggi serta memiliki curah hujan cukup dan daya dukung lingkungan yang baik. Dengan demikian maka kopi organik akan bisa tumbuh subur dan memberikan hasil panen yang melimpa.

Pengelolaan tanah merupakan sesuatu yang sangat penting yang terkait penyediaan bahan organik dalam tanah dengan memanfaatkan mikrobia seperti halnya jamur mikoriza. Karena daerah perkebunan kopi arabika ini biasanya ada di daerah daerah dataran tinggi yang memiliki topografi bukit dan gunung. Dengan demikian maka pengendalian erosi bisa menggunakan terasering. Sementara untuk pengendalian organisme yang mengganggu tanaman kopi bisa dilakukan dengan menggunakan sistem pengendalian yang terpadu yang mengutamakan pengendalian hayati. Perlu diketahui bahwa jamur beauveria bassiana bisa digunakan untuk mengontrol hama bubuk pada buah kopi, sementara trichoderma sp. bisa digunakan untuk mengendalikan jamur akar kopi. Untuk ekstrak daun mimba yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk pestisida Botani.

Untuk penanganan setelah panen kopi organik maka diperlukan kecermatan yang mendetail supaya kopi yang dihasilkan bisa sesuai dengan standar mutu dari biji kopi. Ketika menghasilkan kopi organik maka hal yang penting untuk diperhatikan yaitu tu terkait keuntungan yang didapatkan oleh produsen, pengolah, dan pedagang. Perlu diketahui bahwa satu-satunya provinsi yang sudah mampu mengekspor kopi organik nya yaitu daerah Aceh khususnya di wilayah dataran tinggi Gayo. Dengan demikian maka kopi organik yang diproduksi oleh petani Gayo bisa dikenal oleh dunia dengan harga pasaran yang tinggi. Hal ini tentu saja akan memberikan pengaruh baik terhadap kesejahteraan petani.

Keunggulan dari kopi arabika dari dataran tinggi gayo ini telah diakui oleh dunia karena sudah mendapatkan sertifikat resmi di tahun 2010. Dan perlu diketahui bahwa kopi organik yang asalnya dari dataran tinggi gayo ini dinobatkan sebagai kopi terbaik tingkat dunia sesuai dengan cupping score yang telah dilakukan oleh para ahli taskap kopi dunia. Sementara untuk pola pertanian sistem organik yang dilakukan dalam membudidaya kopi arabika Gayo ini mampu membuat kopi Gayo menjadi salah satu kopi yang memiliki nilai jual tertinggi di dunia. Dan hebatnya lagi kopi Gayo ini memiliki harga pasar yang lebih tinggi dibandingkan kopi lainnya di New York. Tidak diherankan lagi karena kopi Gayo ini memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Untuk aroma dan rasa dari kopi Gayo sangatlah spesifik dan tidak seperti kopi yang berasal dari negara lainnya. Hal ini dikarenakan kopi Gayo merupakan kopi organik yang sangat diperhatikan terkait proses budidaya hingga pengolahan. Banyak sekali pihak yang mengakui keunggulan dari kopi Gayo dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya karena dataran tinggi gayo ini mampu memproduksi atau menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik.

www.pexels.com

Mengapa Kopi Gayo Lebih Unggul Dibandingkan Kopi yang Lain?

Ada beberapa alasan mengapa kopi ini lebih unggul dari kopi yang lainnya. Pertama yaitu terkait varietas kopi yang ditanam oleh petani yang mampu menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Petani di dataran tinggi Gayo kini lebih sering menanam kopi dengan varietas Gayo 1 dan Gayo 2 serta P88. Ketiga jenis varietas itu sudah diakui sebagai varietas unggul kopi yang ada di Indonesia.

Kedua yakni terkait iklim serta jenis tanah yang ada di wilayah dataran tinggi tersebut yang memiliki tanah berbukit Bukit dengan ketinggian diatas 1000 mdpl. Hal ini tentu saja akan mendukung proses produksi kopi organik ini. Tidak heran apabila cita rasa yang dihasilkan sangat khas dan mantap.

Ketiga yaitu terkait dengan pengolahan basah yang dilakukan oleh para petani kopi Gayo. Cara pengolahan basah ini sangatlah unik. Dan hal ini menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kopi organik ini memiliki citarasa terbaik.

Keempat yaitu terkait praktik pertanian yang telah dilakukan oleh petani pada umumnya sudah sesuai dengan tuntutan konsumen. Kopi Gayo ditanam dengan sistem pertanian organik yang benar-benar diperhatikan dari berbagai aspek. Dengan alasan ini tidak heran apabila kopi Gayo ini lebih unggul dibandingkan dengan kopi yang lainnya bahkan menjadi laris di pasar internasional.`

Apabila dilihat dari segi produktivitas maka kopi Gayo ini bisa dikatakan masih tergolong rendah yakni Masih pada kisaran massa 1 ton green bean per hektar per tahun. Perlu diketahui bahwa mayoritas petani kopi yang ada di daerah ini masih menggunakan pola pertanian yang konvensional. Dengan cara konvensional ini maka mampu membuat kopi Gayo lebih unggul dalam harga dan pemasaran karena kualitas yang dihasilkan akan semakin baik.

Nilai Jual Kopi Gayo Tertinggi di Dunia

Meskipun pola perkebunan kopi Gayo masih berpatokan pada budidaya konvensional, akan tetapi kopi yang diproduksi oleh petani di dataran tinggi gayo ini memiliki harga yang di atas rata-rata dibandingkan dengan harga kopi yang berasal dari daerah lainnya. Bahkan harga dari kopi Gayo lebih tinggi dibandingkan harga kopi dunia. Untuk gambaran dari harga kopi arabika ini yaitu sebagai berikut. Apabila harga kopi gabah hari ini mencapai Rp50.000 per kg di tingkat petani, maka harga biji kopi yang sudah siap olah bisa mencapai Rp100.000 per kg di tingkat pedagang. Dan perlu diketahui bahwa harga ekspor dari kopi Gayo ini akan melonjak lebih tinggi bahkan bisa sampai tiga kali lipat. Tidak heran apabila kopi Gayo ini diminati oleh banyak orang di dunia.

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh kopi Gayo maka kopi Gayo mampu menentukan harga tanpa bertolak ukur pada acuan harga pasar dunia. Hal ini dikarenakan spesifikasi dari kopi Gayo sangat khas dan memiliki kualitas premium yang bisa membuat para pembeli mampu dan berani menawar dengan harga tinggi. Gini juga banyak didirikan Cafe dan kopi Shop di berbagai kota besar yang ada di Indonesia. Kebanyakan dari coffee shop tersebut menyajikan kopi Gayo sehingga cara ini merupakan peluang pasar yang begitu bagus. Selain itu juga memperkenalkan kopi Gayo melalui media online sehingga para pencinta kopi bisa mengenal kopi arabika ini dan menikmati rasanya yang lezat.

Perlu diketahui bahwa pasar dalam negeri di beberapa kota besar, green bean dari kopi arabika Gayo yang berkualitas premium bisa mencapai harga Rp400.000 per kg bahkan ada yang menembus Rp800.000 per kg untuk jenis kopi tertentu. Dengan harga yang begitu tinggi tentu kualitas yang diberikan tidak main-main.

www.pexels.com

Menjadi Sumber Perekonomian Masyarakat Gayo

Perlu diketahui bahwa dengan hasil pertanian kopi arabika Gayo ini mampu menyejahterakan masyarakat petani karena para pembeli sanggup untuk membayar kopi organik Ini dengan harga yang relatif tinggi. Pada dasarnya produktivitas dari kopi yang dihasilkan belum begitu optimal dan jika diusahakan maka bisa lebih ditingkatkan. Meskipun demikian jika melihat secara langsung di lapangan maka tingkat perekonomian serta kesejahteraan sudah relatif tinggi dari hasil penjualan kopi Gayo. Ketika memasuki perkampungan yang ada di daerah ini maka kebanyakan rumah dari penduduk ada di tengah-tengah rimbunan perkebunan kopi. Dan akan terlihat rumah-rumah dengan ukuran yang besar yang masih dalam kondisi sangat baik. Selain itu juga terdapat fasilitas kendaraan yang memadai di mana hampir setiap warga mempunyai kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Bahkan dalam satu keluarga bisa memiliki beberapa unit kendaraan. Hal ini membuktikan bahwa penjualan hasil perkebunan kopi arabika Gayo ini mampu menjadi penopang perekonomian bagi masyarakat petani setempat.

Selain itu dari hasil penjualan kopi para petani pun mampu memberikan fasilitas pendidikan bagi anak-anak mereka sehingga akan sangat jarang mengetahui anak petani kopi Gayo yang tidak kuliah. Sebenarnya hidupnya perekonomian yang ada di daerah akan bergantung dengan komoditas kopi ini sehingga nyaris tidak ada Gejolak ekonomi yang begitu signifikan di wilayah ini. Perlu diketahui bahwa saat semua wilayah Aceh mendapati suatu konflik yang berkepanjangan dalam jangka waktu berapa tahun, maka daerah dataran tinggi gayo ini nyaris tidak mendapati imbas tersebut. Hal ini tentu saja karena eksistensi dari kopi Gayo yang mampu menjaga perekonomian masyarakat.

Eksistensi dari perkebunan kopi arabika Gayo ini tidak hanya mampu menjadi tonggak perekonomian masyarakat petani, akan tetapi juga mampu menyerap tenaga kerja di daerah setempat. Perlu diketahui bahwa setiap masa panen pasti membutuhkan tenaga kerja sehingga orang lain bisa mendapatkan keuntungan dari produksi kopi Gayo ini.

Dengan adanya perkebunan kopi Gayo maka pengangguran musiman yang sering dijumpai pada sektor tanaman semusim akan menjadi semakin berkurang dengan dibantu oleh komoditas kopi arabika Gayo. Dalam hari ini bisa disimpulkan bahwa ada dua indikator yang sangat penting yaitu penyerapan tenaga kerja dan pendapatan, karena bisa dipastikan bahwa kopi arabika Gayo akan terus berkembang dan memberikan kontribusi positif untuk perekonomian daerah dataran tinggi Gayo. Apabila kopi Gayo ini sudah dikenal di seluruh Indonesia maka dengan demikian bisa dikatakan bahwa komoditas kopi ini menjadi salah satu komoditas terbesar. Apalagi kualitas dari kopi Gayo sudah diakui oleh dunia dan kini dijadikan sebagai komoditas emas hitam yang akan semakin berdiri tegak meskipun terjadi gelombang krisis ekonomi.

Meskipun sudah mendapatkan kredibilitas yang bagus akan tetapi salah satu tugas dan PR terbesar bagi petani kopi Gayo Yakni dengan terus mempertahankan dan mengembangkan kualitas dari kopi arabika ini sehingga akan tetap bisa dipertahankan produktivitasnya. Cara yang dilakukan adalah dengan mempertahankan sistem dan pola pertanian konvensional. Kini daerah-daerah yang menghasilkan kopi arabika semakin banyak bermunculan dan berkembang semakin baik. Dengan demikian ini merupakan tantangan baru bagi para petani kopi arabika di dataran tinggi gayo.

www.pexels.com

Apabila mampu mempertahankan kualitas dan aroma serta produktivitas dari kopi Gayo maka akan tetap mampu bersaing di pasar global. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa hasil penjualan dari kopi Gayo ini akan sangat berdampak besar pada perekonomian sehingga akan mempengaruhi berbagai sektor. Untuk itu berkebun kopi Gayo harus benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga akan tetap bisa memberikan kopi dengan kualitas terbaik kepada para pembeli.

Bagi para penikmat kopi arabika maka harus mencoba kopi Gayo yang merupakan kopi organik terbaik di dunia. Para pencinta kopi tidak segan-segan untuk mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan kopi Gayo karena memiliki aroma yang sangat nikmat. Ciri khas dan keunikan dari kopi Gayo ini tentu tidak akan pernah lepas dari sistem perawatan perkebunan kopi gaya yang dilakukan oleh para petani. Apabila dirawat dengan baik maka hasil panen dari kopi arabika akan terlihat baik. Dan perlu diketahui bahwa pemeliharaan kopi Gayo ini tentu beda dengan yg lainnya. Berbagai aspek yang berkaitan dengan perkebunan kopi Gayo ini benar-benar diperhatikan dengan baik sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

Jika ingin melihat proses panen dari kopi Gayo maka bisa langsung mendatangi dataran tinggi gayo. Di sana akan dilakukan proses panen hingga pasca panen yakni hingga menjadi kopi bubuk yang siap untuk disebut. Untuk menjaga keunggulan dan kualitas dari kopi Gayo ini tentu tidak membutuhkan waktu yang singkat. Petani kopi arabika Gayo ini harus mengorbankan banyak waktu dan tenaga untuk membudidayakan perkebunan kopi arabika Gayo sehingga tetap menjadi kopi yang berkualitas di dunia. Terdapat aroma kopi durian yang sangat lezat yang cukup banyak disukai oleh orang-orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *