Mengenal Jenis Bunga Krisan, Jual Bunga Krisan Jakarta

Bunga krisan dikenal juga dengan sebutan bunga krisanium. Bunga ini banyak digunakan untuk dekorasi pada ruangan bahkan acara pernikahan dan buket bunga karena bentuk daan warnanya yang cantik. Bunga krisan ini dikenal luas dari Negara Jepang yang pertama kali membudidayakannya. Di negara Jepang, krisan disebut juga dengan bunga “kiku”.

Setelah dikembangkan di Jepang, bunga krisan menyebar ke benua lain seperti Asia dan Eropa. Di Indonesia sendiri, bunga krisan pertama masuk pada sekitar abad 17 dan banyak dikembangkan di daerah Jawa Barat seperti Lembang, Bandung, dan Cisarua. Bunga krisan kemudian banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias untuk rangkaian bunga pada acara pernikahan, dekorasi ruangan, hingga hiasan vas dan buket bunga. Sementara di jepang sendiri, bunga krisan banyak digunakan sebagai campuran the agar rasanya lebih nikmat.

Jenis-jenis bunga krisan ada beragam. Tidak hanya ada satu saja, melainkan ada berbagai jenis bunga krisan yang berbeda. Tidak banyak orang yang tahu jenis-jenis bunga krisan ini. Padahal, kesemuanya berbeda dan memiliki ciri-ciri yang berbeda pula. Di bawah ini akan dijelaskan jenis-jenis bunga krisan yang berbeda serta manfaatnya.

www.pexels.com

Jenis-jenis bunga krisan

Bunga krisan yang banyak dijadikan sebagai bunga potong ini memiliki banyak sekali varietas berbeda yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, bunga krisan dibedakan menjadi tiga jenis yang umum yaitu krisan lokal yang asli dari jepang, krisan hibrida atau introduksi yang merupakan hasil persilangan, serta krisan produk Indonesia asli. Di bawah ini akan disebutkan perbedaannya.

  1. Krisan lokal

Krisan lokal disebut juga krisan kuno atau bunga yang berasal dari tempat aslinya. Ciri khas dari krisan lokal ini yaitu berwarna terang dan dapat tumbuh subur di hari netral. Meski berasal dari jepang, krisan ini mampu beradaptasi dengan iklim di luar negara aslinya. Siklus hidup bunga krisan lokal sangat lama yaitu hingga 7-12 bulan masa penanaman. Contohnya yaitu Crhysantemum maximum. Bunga ini memiliki ciri kelopak yang lebar dan warna yang cerah.

  1. Krisan hibrida

Krisan hibrida atau hasil persilangan ini tidak memiliki siklus hidup yang panjang. Umumnya, krisan hibrida memiliki warna yang bervariasi karena sebagai akibat dari persilangan. Krisan hibrida dapat hidup pada hari berjangka pendek seperti tanaman yang akan layu pada sore hari. Salah satu bunga krisan hasil persilangan yaitu Chrysanthemum indicum hybr.

  1. Krisan produk Indonesia

Krisan hasil produk asli dari Indonesia ini banyak dikembangkan di tempat pengembangbiakkannya seperti di Jawa Barat. Krisan asli dari Indonesia ini memiliki ciri yang khas karena merupakan hasil percobaan. Salah satu contohnya yaitu krisan balitji yang diproduksi oleh Balai Penelitian Taman Hias Cipanas.

Jenis-jenis tersebut merupakan pemisahan bunga krisan berdasarkan penggolongannya. Sementara itu, masih banyak jenis bunga krisan yang banyak digemari. Di bawah ini akan dibahas bunga krisan yang sering dijadikan sebagai rangkaian bunga hias.

www.pexels.com

Jenis krisan favorit

Ada beberapa jenis bunga krisan yang banyak dipakai dalam membuat dekorasi, baik untuk rangkaian bunga maupun buket. Namun, banyak orang yang tak mengerti apa jenis bunga krisan yang ia beli. Sebab, jenis-jenis ini berbeda dan pastinya akan memudahkan dalam proses pemilihan buket bunga nantinya. Di bawah ini adalah jenis bunga krisan yang sering dipakai untuk hiasan maupun bunga potong.

  1. Crhysantemum maximum

Krisan yang satu ini sangat umum ditemui dalam rangkaian bunga. Merupakan krisan lokal asli dari Jepang, Crhysantemum maximum sering dipakai sebagai hiasan dan dekorasi. Bunga krisan yang satu ini paling sering digunakan untuk buket bunga karena ukurannya besar, kelopaknya tergolong lebar, dan memiliki bentuk cakram berwarna putih pada inti bunganya.

Krisan ini mampu tumbuh hingga satu meter dan tangkai panjangnya juga kokoh sehingga tidak mudah patah jika dijadikan buket. Crhysantemum maximum juga sering dijadikan bunga potong karena warnanya yang cerah, bentuknya cantik, dan tangkainya kuat. Oleh karena itu, biasanya bunga krisan yang ditemui pada buket bunga merupakan jenis dari Crhysantemum maximum.

www.pexels.com
  1. Chrysanthemum inodorum

Bunga krisan yang satu ini juga sering dijadikan pengisi buket dan rangkaian bunga hias. Panjang pohon bunganya tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 35 hingga 40 cm dan masa panen bunganya setelah 3-4 bulan. Bunga krisan Chrysanthemum inodorum dapat awet bertahan tumbuh pada pohonnya sekitar 2 bulan sehingga banyak dibudidayakan. Bunga ini sering dijadikan sebagai pelengkap pengisi buket karena warnanya yang cantik dan bentuknya kecil-kecil.

  1. Chrysanthemum carinatum

Jenis krisan yang satu ini memiliki ciri-ciri yaitu berbentuk lempeng cakram pada inti bunganya dan kelopaknya berwarna tiga macam dengan bentuk melingkar dan pusat bunganya berwarna gelap. Bunga ini banyak pula dijadikan sebagai pengisi buket bunga dan hiasan ruangan karena warnanya cerah dan mencolok. Kelebihan bunga ini yaitu cepat tumbuh bunga karena dapat mekar setelah 2 minggu masa penanaman. Untuk menanamnya pun lebih praktis karena disemai dengan biji dn dapat tumbuh dimana saja.

  1. Crhysanthemum koreanum

Krisan yang satu ini merupakan jenis krisan yang bercabang. Ada berbagai jenis krisan bercabang lainnya yang sering digunakan untuk membuat rangkaian dan buket bunga. Ciri-cirinya yaitu krisan jenis ini memiliki banyak ranting pada batangnya dan banyak cabang yang membuatnya semakin ramai. Banyaknya cabang dan ranting inilah yang menjadikan bunga krisan ini menjadi berbentuk seperti membulat.

Demikianlah jenis-jenis bunga krisan yng sering dijadikan rangkaian bunga maupun pengisi buket. Semuanya berbeda, namun tetap sama cantiknya. Nah, untuk memiliki bunga krisan yang bermacam-macam ini, Anda dapat menanamnya sendiri. Namun agar lebih praktis, Anda tingga membelinya di florist.

www.pexels.com

Florist Jakarta

Florist Jakarta menyediakan berbagai bunga krisan untuk kebutuhan dekorasi maupun rangkaian bunga. Tersedia pula buket bunga untuk wisuda, papan tulisan duka cita dengan rangkaian bunga, hingga parcel buah siap antar. Di sini, Anda juga dapat membeli bunga potong untuk hadiah special bagi orang tercinta. Ada pula berbagai hand bouquet yang cocok untuk acara sacral seperti pernikahan dan lamaran. Ada bermacam bunga yang tersedia pula untuk rangkaian buket bunga.

Untuk mengontak florist Jakarta, Anda dapat menghubungi nomor 0822-99148647, bisa melalui WA dan telepon. Dengan memesan bunga di florist Jakarta, Anda tidak perlu risau untuk memilih berbagai hiasan maupun hadiah bunga bagi orang terkasih di acara special.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis bunga krisan dan penggolongannya. Anda dapat membeli bunga krisan potong maupun buket dan rangkaian bunga dengan memesan di florist Jakarta untuk hari dan orang special.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *